Avoskin Miraculous Retinol Toner: A Review

June 17, 2020

Baru-baru ini, Avoskin mengeluarkan produk terbarunya yaitu Miraculous Retinol Series. Sebelumnya, Avoskin juga mengeluarkan Miraculous Refining Series yang memiliki bahan aktif AHA-BHA dan PHA di produknya. Aku pernah coba kedua serum dan tonernya dan hasilnya menurutku cukup memuaskan. Tetapi kali ini aku akan bahas produk terbarunya yaitu Miraculous Retinol Toner.


Avoskin Miraculous Retinol Toner

If you're new to skincare world, kenalan dulu yuk sama Retinol. Retinol adalah bahan aktif yang termasuk kedalam turunan keluarga Vitamin A dan memiliki fungsi utama yaitu anti-aging. Nah, si Retinol ini punya saudara namanya Retinoid yang mana si Retinoid ini cuma bisa dibeli atas resep dari dokter, tapi si adeknya–Retinol ini bisa dibeli over-the-counter alias gak perlu pakai resep dokter. Fungsi utama dari Retinol adalah untuk mendorong produksi sel kulit baru dan bisa mempercepat regenerasi sel (makanya akan ada potensi purging kalau pakai ini) dan bisa memicu pertumbuhan kollagen jadi kulit bisa jadi lebih kenyal dan kencang. 

Retinol menurutku adalah salah satu bahan aktif di skincare yang cukup 'serius' haha karena walaupun klaimnya sangat menarik, Retinol punya sejumlah efek samping seperti kulit kering, redness atau iritasi. Plus, kalau kalian ingin memasukkan retinol kedalam skincare regimen kalian, make sure dulu untuk diimbangi dengan basic skincare yang mumpuni dan suncscreen selama 365 hari dalam setahun!

Oke, sekarang masuk ke review produknya.

Disclaimer: Setelah aku ditawari ini dengan pihak Avoskin, aku cukup nervous karena awalnya aku belum ada niatan untuk mencoba anti-aging product dan sempat trauma pakai Retinoid sebelumnya (setahun yang lalu) tapi berhubung di skincare stash ku lagi gak ada kandungan bahan aktif (selain serumnya The Aubree yang udah mau sekarat haha) jadi layeringnya gak akan terlalu ribet, tampaknya ini kesempatan yang baik untuk nyoba, pikirku. 

Teksturnya kental dan to be honest, aku kurang suka dengan packaging nya yang dituang gini karena bikin produknya susah keluar haha. Tapi bagusnya, untuk menjaga kualitas produk yang didalamnya, produk ini dikemas dengan botol plastik berwarna gelap agar tidak mudah teroksidasi. There's no noticeable smell dan pas dibaurkan dia terasa lembab dan hasil akhirnya bikin agak tacky tapi di aku sih gak masalah.

Seperti yang ku bilang di awal, Retinol punya beberapa efek samping yang mana aku sudah sangat siap kalau ada reaksi iritasi di awal-awal pemakaian. Tapi nyatanya, selama 1 bulan aku pakai ini, aku gak ada iritasi yang timbul–malahan kulitku jadi lebih kenyal dan sehat! Aku rasa ini karena Retinol yang dipakai sama Avoskin adalah Actosome Retinol yang memang terkenal less-irritating dibanding jenis Retinol lainnya karena hanya mengandung 0.09% Retinol aktif. Meskipun less-potent, Toner ini bekerja dengan sangat baik di kulitku.

left; week 0 | right; week 4

Hal yang paling aku notice adalah berkurangnya tekstur di mukaku, sehingga kulitku jadi kerasa lebih halus dan super enak kalau dipegang haha! Ohiya, setelah aku bandingin sama foto kulitku sebelum pakai ini keliatan banget bahwa kulitku jadi lebih cerah karena toner ini juga mengandung Niacinamide sebanyak 3% Jadi toner ini isinya gak cuma untuk anti-aging jugaa tapi juga bisa bantu brightening dan sebagai antioksidan thanks to Pomegranate Extract nya. Bahan-bahan tersebut seperti men-support si retinol supaya kulit jadi lebih calm pas dipakein si Retinolnya.

Ternyata memang gak ada salahnya untuk coba pakai produk anti-aging mulai dari usia 20 tahun. Di umurku yang masih 21 ini aja, aku merasa mukaku jadi lebih kencang yang berarti sebenernya aku sudah butuh produk anti-aging tapi aku belum sadar haha. Ohiya, toner ini bisa mulai dipakai umur 20 tahun, jadi menurutku lebih baik start early aja untuk mulai ngejaga kulit kita dari tanda-tanda penuaan hihi.

Mengenai layering, aku gak ambil pusing karena kebetulan aku lagi gak ada produk aktif yang berlawanan sama si Retinol ini jadi aku se simple First Cleanser - Gentle Wash - Hydrating Toner - Retinol Toner - Moisturizer + Face oil. Sesimpel itu dan alhamdulillah nya gak ada efek yang gimana-gimana gitu hehe.

Kudos to Avoskin untuk selalu ngeluarin produk yang kandungannya masih tergolong jarang di local brand! Termasuk si Actosome Retinol ini aku belom pernah denger ada brand yang pakai Retinol jenis ini. Sayangnya, aku memang gak punya referensi Retinol lainnya karena ini produk Retinol pertamaku. But in the future, I'm sure I'll try Retinol dalam bentuk selain toner!

*PR Review




You Might Also Like

1 comments

  1. Huah..kalau tiap lihat review skincare yang ada retinol nya pengen coba juga. Cuma harus nunggu banget setelah melahirkan dan menyusui. Wish list yang tak kunjung di checklist..hehehe

    ReplyDelete

Subscribe