Is it worth the hype? Review Scarlett Whitening Day and Night Cream!

April 06, 2021

 Tahun 2020 dan tahun 2021 bisa dibilang merupakan tahun berjayanya produk lokal. Tahun ini, banyak banget inovasi merk lokal dalam mengembangkan produk skincare! Contohnya si Scarlett Whitening ini, setelah tahun lalu berhasil 'racunin' banyak orang dengan Brightly Ever After Serum dan Acne Serumnya, sekarang mereka ngeluarin varian yang sama dalam bentuk moisturizer!

Kedua varian ini ditujukan untuk concern kulit yang berbeda, seperti namanya. Brightly Ever After untuk kalian yang mempunyai permasalahan kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan bekas-bekas jerawat. Sedangkan varian acne ditujukan bagi yang memiliki concern kulit khusus jerawat! Keduanya memiliki warna yang sama seperti serumnya, pink untuk Brightly Ever After, dan warna ungu tua untuk Varian Acne!

Untuk pembahasan reviewnya, akan aku bagi berdasarkan kedua varian. Varian pertama yang aku bahas adalah Brightly Ever After!

  • Brightly Ever After Day Cream
Key Ingredients: Glutathione, Rainbow Algae, Hexapeptide-8, Rosehip Oil, Poreaway, Triceramide, Aqua Peptide Glow.

Jar-nya terasa sangat sturdy dan kokoh saat dipegang. Ada pembatas antara produk dan tutupnya sehingga nggak mudah tumpah. Sayangnya, produk ini nggak menyediakan spatula dalam packagingnya sehingga harus mastiin bahwa tangan dalam keadaan bersih pas mau pakai. Wanginya relaxing, seperti wangi aromatherapy but the scent isn't my cup of tea.

Teksturnya tergolong creamy namun tetap ringan ketika dibaurkan dan cenderung terasa watery. Tidak menghasilkan whitecast, dan lembabnya pas untuk siang hari. Walaupun Day Cream ini sudah mengandung UV Filter aku tetap menggunakan sunscreen pada siang hari. Karena teksturnya ringan, dilayer pakai sunscreen pun nggak kerasa berat! Biasanya aku pakai sunscreen yang nggak terlalu melembabkan, sehingga ngga terasa berat pas siang hari.


  • Brightly Ever After Night Cream
Key Ingredients: Glutathione, Niacinamide, Natural Vit-C, Hexapeptide-8, Poreaway, Green Caviar, Aqua Peptide Glow. 

Berbeda dengan Day Cream, night cream nya memiliki tekstur yang creamy thick. Teksturnya yang creamy terasa mengunci layer skincare dibawahnya. Cream ini kerasa agak rich, tapi masih sangat mudah untuk di blend. Saat awal menggunakan night cream ini, aku merasa kulitku terasa agak sedikit kaku. Namun setelah beberapa jam, kulitku mulai terasa berminyak sehingga ngga begitu kerasa kaku lagi. Sebagai night cream, produk ini terasa melembabkan. Tapi bukan tipe night cream yang akan bikin kulitku plumpy. I think I've had better moisturizer. 

Varian ini adalah variant pertama yang aku coba karena saat mulai menggunakan produk ini, aku sedang memiliki cukup banyak bekas jerawat kehitaman. Setelah menggunakan kedua rangkaian Brightly Ever After ini, aku belum merasakan adanya perubahan pada bekas-bekas jerawatku yang membandel. Sepertinya untuk efek memudarkan PIH, butuh waktu lebih lama lagi untuk melihat hasilnya. What I like about this variant is it evens out my skin tone! Well, it helped, karena saat menggunakan ini aku juga menggunakan serum brightening dan keduanya bekerja dengan baik untuk meratakan warna kulitku.

  • Acne Day Cream
Key Ingredients: Salicylic Acid, Natural Squalane, Natural Vit-C, Hexapeptide-8, Triceramide, Aqua Peptide Glow. 

Yang membedakan varian Acne dengan varian Brightly Ever After adalah pada wanginya. Aku merasa wangi varian Acne lebih strong dibandingan varian satunya. Sama seperti variant Brightly Ever After, tekstur Acne Day Cream ini mudah dibaurkan ke kulit. Teksturnya terasa creamy dan terasa lebih padat dibanding Brightly. Saat pakai ini, kulitku sedang terasa kering yang aku rasa akibat dari TEWL (Transepidermal Water Loss) karena moisturizer yang sedang kupakai saat itu kurang bisa 'mengunci' layer skincare dibawahnya. Setelah pakai day cream Acne ini, aku merasa kulitku jauh lebih lembab! Terasa sekali perbedaannya dikulitku yang terasa jauh lebih lembab dibanding sebelum menggunakan day cream ini walaupun sama-sama dilayer dengan sunscreen yang sama. Aku merasa day cream ini juga nggak menimbulkan sebum berlebih di kulitku and that's when I think that this product works great in moisturizing my face on a daily basis.


  • Acne Night Cream
Key Ingredients: CM Acnatu, Natural Squalane, Hexapeptide-8, Triceramide, Poreaway, Natural Vit-c, Aqua Peptide Glow.

Satu hal yang aku notice perbedaan night cream Acne ini dengan variant satunya adalah, night cream inimemiliki tekstur yang jauh lebih light dibanding night cream Brightly.Sementara tekstur Brightly lebih creamy, Acne memiliki teksturlightweight-cream dan somehow terasa lebih hydrating di kulit. Wanginya sama persis dengan pasangan day creamnya, sama-sama lebih strong dibanding si Brightly. Aku pribadi lebih nyaman menggunakan night cream Acne ini karena berasa lebih moisturizing dan nggak bikin kulit kaku kayak variant satunya. But however, as a night cream in general menurutku lembabnya masih berasa kurang untuk aku yang suka kulitnya berasa 'hinyai' di malam hari karena finish nightcream ini cenderung matte.

Kebetulan, saat menggunakan variant Acne ini aku sedang memiliki jerawat hormonal. Saat itu aku juga menggunakan berbarengan dengan Acne Serum dari Scarlett Whitening dengan harapan bisa menumpaskan jerawat yang membandel pada saat itu. Tapi, aku merasa kombinasi serum + day & night cream dari variant ini kurang bisa membantu merawat jerawatku. Berdasarkan pengalamanku menggunakan acne serum ini memang berpengaruh terhadap jerawat mendem, tapi kali ini hanya bisa membantu sampai jerawat tersebut muncul 'mata'-nya walaupun sudah dibarengi dengan moisturizernya sekalipun. Mungkin aku harus menunggu beberapa waktu lagi agar perlahan-lahan jerawatku bisa membaik. In conclusion, I cannot rely on this product alone when it comes to acne. Tapi kalau untuk moisturizing, produk ini bisa diandalkan!

Produk ini bisa dibeli di Official Store Scarlett Whitening dengan masing-masing produk seharga @ Rp 75.000,-!

You Might Also Like

3 comments

  1. Aku udah cobain juga dan night creamnya favoritkuuu!

    ReplyDelete
  2. Penasaran banget sama night cream nya😃

    ReplyDelete
  3. Waa thankyou ka buat reviewnya membantu banget ❤️ rasa penasaran ku sama produk ini terjawab juga akhirnya hihi

    ReplyDelete

Subscribe