How I Deal With Breakouts: An Updated Skincare Routine!

May 19, 2020

Beberapa waktu lalu, seluruh badanku lagi super gatal-gatal. Awalnya, aku kira gatal biasa karena aku kebiasaan kalau ngantuk atau kalau lagi anxiety pasti suka menggaruk badan sendiri I don't know why, it's just my thing (?) tapi lama kelamaan, seluruh badanku semakin gatal dan tanpa sadar, seluruh badanku muncul bentol-bentol dan kemerahan. Bahkan sampai punggungku yang jarang aku garuk sepenuhnya juga ikut-ikutan bentol malah lebih ramai bentolnya. 


Aku merasa gatal ini muncul karena adanya tungau kasur, makanya aku langsung menjemur kasurku dan membersihkan bagian bawah kasurku. Setelah itu, gatalku lumayan membaik dan bentol-bentolnya sudah lumayan menghilang (walaupun gatal-gatal masih kadang terasa tapi yang penting sudah gak kemerahan lagi) Selama gatal-gatal itu, aku rutin pakai sabun batang Dettol dan obat lotion Caladine untuk dioles ke seluruh tubuh. Rasa menthol/semriwing dari caladine membuat gatalku lumayan berkurang!

Apakah hanya bagian tubuh saja yang terdampak? Oh tentu tidak, karena mukaku juga ikut beruntusan! Kulitku jadi bertekstur, kemerahan dan banyak muncul whiteheads (bruntusan) di bagian rahang. Kondisi kulit seperti ini nggak enak banget, karena selalu kerasa gak nyaman setiap cuci muka dan oh, ya terkadang di bagian tersebut juga gatal. Paling parahnya, dahi ku yang sebelumnya gak pernah muncul bruntusan, kali ini muncul bakal jerawat yang udh mulai agak memerah. Aku merasa kondisi kulitku ini sudah cukup 'parah' untuk ukuranku karena sebelumnya bagian tersebut gak pernah ada masalah.

Karena kulitku sedang bermasalah, tentunya skincare routine ku juga harus diganti. Sejujurnya, butuh waktu bagiku untuk menyesuaikan produk apa yang sekiranya kulitku inginkan. Biasanya, setiap muncul bruntusan aku selalu pakai Exfoliating Toner Avoskin yang Miraculous Refining Toner tapi barangnya ada di Solo sedangkan acid serum yang kupunya saat ini hanyalah Centella Herb Serum The Aubree yang mengandung Salicylic Acid 2% itupun juga sudah hampir habis hahah.
It's not the best-looking journal ever but I swear it helped a lot!

I even track my skincare routine through my Journal (inspired by my friend Clara who loves journaling, check out her page as well!), jadi aku catat AM dan PM routine aku di hari tersebut dan aku langsung catat kondisi kulitku pada hari itu. Menurutku, ini bisa membantu kita supaya tahu produk apa yang kurang cocok sama kulit kita dan 'adonan' skincare apa yang bikin kulit kita ngerasa gak nyaman. Long story short, aku akhirnya menemukan 'my perfect regime':


 AM Routine
  • Ourabotanicals Tamanu Oil -- Step ini aku pakai pas mau tidur lagi setelah Shubuh. Kulit ku kalau kena air Wudhu jadi lebih kering dan bikin kurang nyaman kalau dibawa tidur, makanya aku tambahin face oil supaya lembab dan bangun-bangun jadi plumpyy!
  • Pixy White Aqua Pore Cleanse Micellar Foam -- Menurutku, cleanser ini lumayan bisa mengurangi bruntusan karena ada Salicylic Acid-nya. Sudah pernah aku review, dan memang terbukti bisa membantu mengurangi tekstur. Ohiya, aku kalau pakai ini gak pakai brush bawaannya, ya, jadi aku cukup usap pakai tangan.
  • Cezanne Skin Conditioner High Moist -- ini aku pakai sebagai hydrating toner, lomayan oke buat nambah hidrasi sebelum pakai moisturizer. Ini ada kandungan Ceramides yang bisa memperkuat skin barrier. Healthy skin barrier = Happy skin!
  • Wardah Day Cream SPF 30 PA+++ -- Sebenernya agak takut pakai day cream ini karena menurutku dia sangat emollient jadi takut bakal memperburuk bruntusanku. Tapi alhamdulillah gak kenapa-kenapa, aku pakai ini sebagai SPF jugaa karena udh ada PA+++!

PM Routine
  • Mustika Ratu Sari Sekar Gambir Cleansing Milk -- Selama aku bruntusan, aku mulai rajin double cleansing walaupun lagi dirumah aja. Hal ini supaya kulitku lebih bersih aja dari debu atau kotoran yang bisa jadi penyebab jerawat. Aku pakai ini dibilas, gak pakai kapas soalnya lebih enak dan kerasa lembab kalau pakai air hehe. Tapi setelah itu gak lupa aku langsung cuci muka dengan facial wash.
  • Pixy White Aqua Pore Cleanse Micellar Foam -- sabun mukanya masih samaa kayak AM Routine
  • Have A Good Cream Jumiso -- Awalnya gak suka, tapi lama-lama jadi suka. Biasanya aku pakai ini setelah aku cuci muka pas sore kira-kira jam 6 sore tapi gak langsung pakai skincare malam. Jadinya, aku pakai ini biar mukaku gak kering setelah cuci muka ajaa karena masih mau lanjut aktivitas malam.
  • Ariul Smooth and Pure Micellar Water  -- Sebelum mau tidur pastinya aku skincare malam dulu yakan. Pertama-tama bersihin muka dulu pakai micellar water ini. Aku suka sama micellar water ini karena fragrance-free dan bener-bener bisa angkat kotoran di mukaku walaupun lagi gak pakai makeup :O super recommended!
  • Secret Key Starting Treatment Essence -- Essence yang kugunakan sebagai toner karena dari segi tekstur, mirip banget kayak hydrating toner tapi dengan tambahan ada Galactomyces Ferment Filtrate yang bisa untuk brightening dan meningkatkan elastilitas kulit. So far so good karena lembabnya dapet. 
  • The Aubree Centella Herb Serum -- Udah pasti dong kalau lagi bruntusan harus pakai ini. Nyatanya, emang bener-bener bisa ngurangin redness dan jerawat kecil-kecil! Kalau pake ini berasa lembab banget malah terkadang jadi malas pakai moisturizer hahah. Sayangnya dia ini gak fragrance-free.
  • Have A Good Cream Jumiso -- Aku pakai ini sebagai 'kunci' untuk mengikat semua layer skincare yang aku pakai. Kalau dipakai agak tebal bisa bikin panas, makanya pas step ini aku pakai nya tipis ajaa. Udah ada Squalane yang bisa merawat skin barrier. Ceramides + Squalane = Combo for Healthy Skin Barrier!
  • Ourabotanicals Tamanu Oil -- To be honest, aku yakin step ini yang paling berpengaruh buat memperbaiki tekstur kulitku yang lagi bruntusan. Karena setelah aku incorporate face oil ini ke regimen ku, beruntusannku jadi jauh lebih kalem! Setelah itu aku merasa menemukan titik terang untuk mengatasi bruntusan ini :") Ternyata karena tamanu oil ini mengandung anti-inflammatory properties yang bisa membunuh bakteri penyebab terjadinya beruntusan. Ohiya, aku beli ini pun juga karena diracunin mbak Liah Yoo yang pakai ini untuk membantu mengurangi bekas jerawat!

Jadi itulah skincare regiment ku selama kulitku sedang beruntusan. Setelah aku menemukan regiment yang tepat, butuh waktu 2-3 hari untuk kulitku supaya kembali ke kondisi semula. Awal mula aku merasa kulitku membaik adalah whiteheads ku (my main concern) mulai berkurang sampai lama kelamaan tekstur mukaku jadi halus sampai tidak ada bekas tekstur sama sekali!. Aku gak menyarankan kalian untuk mengikuti seluruh step skincare yang aku lakukan karena skincare routine is very personal but it could be used as your reference if we have the same concern!. The general rule of thumb: gives what your skin really need! Caranya adalah dengan mengenali kulitmu lebih baik. Akan tetapi karena kondisi kulitku lama-lama akan berubah lagi, gak menutup kemungkinan aku bakal ganti routine lagi sewaktu-waktu but I'll keep you guys updated!

Thanks for reading!~




You Might Also Like

0 comments

Subscribe