Battle of Cleansing Balms: Heimish vs Banilla!

July 11, 2020

When it comes to first cleanser, I always stick to micellar water, milk, or oil cleanser. Aku pribadi belum pernah mencoba cleansing balm. Selain karena harganya cenderung lumayan tinggi dibandingkan first cleanser lainnya, aku merasa pemakaiannya akan boros (karena untuk cleansing) jadi butuh tube yang sangat sangat besar.


Kebetulan, aku mendapat travel size Clean it Zero-nya Banilla yang varian original seukuran 7mL dari Socobox special SBN beberapa waktu lalu. Kemudian, teman baikku–Icha memberiku hadiah trial size All Clean Balm Heimish dan memintaku untuk membuat reviewnya di skinandpurr (thank you so much for supporting me, cha!). Karena memiliki dua jenis cleansing balm yang hype dalam ukuran mini, aku merasa tidak akan puas untuk menggunakannya begitu saja maka dari itu aku akan membuat Battle of Cleansing Balms!

Cleansing Balm

Packaging

Masalah packaging sebetulnya kembali ke selera masing-masing. Seleraku tentunya si Banilla karena warna Pink! hehe. Kalau aku punya full size nya, mungkin aku bisa membahas spatula dan separator antara penutup dan produknya tapi di trial size ini hanya ada cleansing balm tok~

Ingredients

Heimish All Clean Balm Ingredients (Source from beautybarn) : Ethylhexyl Palmitate, Cetyl Ethylhexanoate, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Polyethylene, PEG-8 Isostearate, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Cocos Nucifera (Coconut) Fruit Extract, Citrus Aurantifolia (Lime) Fruit Extract, Freesia Refracta Extract, Iris Versicolor Extract, Jasminum Officinale (Jasmine) Extract, Lilium Tigrinum Extract, Leontopodium Alpinum Extract, Nelumbium Speciosum Flower Extract, Narcissus Pseudo-Narcissus (Daffodil) Flower Extract, Rose Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Amyris Balsamifera Bark Oil, Citrus Paradisi (Grapefruit) Peel Oil, Eucalyptus Globulus Leaf Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Juniperus Mexicana Oil, Boswellia Carterii Oil, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Tocopheryl Acetate, 1, 2-Hexanediol.

Banilla Clean it Zero (source from peachandlily): Ethylhexyl Palmitate, Cetyl Ethylhexanoate, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, PEG-10 Isostearate, Synthetic Wax, Onsen-Sui, Phenoxyethanol, Butylene Glycol, Lithospermum Erythrorhizon Root Extract, Tocopheryl Acetate, Fragrance, Ethylhexylglycerin, Water, 1,2-Hexanediol, Bambusa Vulgaris Leaf/Stem Extract, Aspalathus Linearis Extract, Angelica Archangelica Root Extract, Malpighia Glabra (Acerola) Fruit Extract, Polydiethyleneglycol Adipate/IPDI Copolymer, Acrylates/Ammonium Methacrylate Copolymer, Acrylates/Methoxy PEG-15 Methacrylate Copolymer

Texture

Banilla memiliki tekstur yang cenderung oily gampang dibaurkan ketika diaplikasikan ke permukaan kulit sedangkan, heimish teksturnya lebih padat dan saat dibaurkan ke kulit masih terasa ada gumpalan balm yang belum menyatu dengan kulit. Tapi lama kelamaan juga akan membaur sendirinya jadi aku gak keberatan.

Cleansing Balm
Left: Banilla Clean It Zero | Right: Heimish All Clean Balm

Scent

Banilla memiliki wangi yang netral, tapi ada hint wangi yang terasa manis ketika dihirup sedangkan heimish wanginya seperti balsam herbal yang kerasa agak relaxing ketika diaplikasikan karena terasa hangat di kulit (I'm not good at describing a certain scent I'm sorry) tapi yang jelas aku lebih suka wanginya si Banilla. 

Setelah melihat full ingredients listnya, wangi produk heimish berasal dari Essential Plant Oils seperti; Bergamot oil, Lavender oil dan Tea tree oil dsb. Banilla, sebaliknya menggunakan synthetic fragrance.

Cleansing Ability

Ini adalah kategori yang paling penting. Kalau kalian lihat video battle diatas, aku menggunakan Maybelline Superstay Matte Ink shade Versatile untuk dihapus dengan kedua cleansing balm ini. Aku menggunakan produk ini untuk mengetes karena lipcream ini terkenal sebagai lipcream yang susah dihapus haha. Di video itu, terlihat si heimish membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan si lipcream tapi sebenarnya ini tergantung seberapa tebal aku mengaplikasikan lipcream tersebut karena setelah aku test di waktu yang berbeda–sebetulnya cleansing ability kedua produk ini hampir mirip dan bahkan sama.

Cleansing Balms
Left: Banilla Clean It Zero | Right: Heimish All Clean Balm

Finishing

Finishing dari Banilla adalah seperti menggunakan gentle cleanser–licin, tapi tidak kerasa kesat, justru terasa lembab. Kalau si Heimish, finishingnya kerasa agak bersih kesat tapi masih sangat tolerable untuk kulitku karena gak sampai stripping, masih kerasa lembab gak bikin kering.

Conclusion

Kalau ada budget lebih untuk first cleanser, aku sepertinya akan coba Banilla. Karena selain varian yang original ini, Banilla juga punya 3 varian lain yang sangat menarik untuk dicoba. Kalau kalian lebih suka yang mana?


You Might Also Like

1 comments

  1. Aku pernah pakai yg Heimish, aslinya bagus sih menurutku tapi baunya ganggu huhu. Sama agak perih nggak sih kalau buat hapus make up mata☹️ Tapi performanya bagus...jadi semacam love hate gitu wkwk

    ReplyDelete

Subscribe