Local Plant-based Skincare Brand: Marun Botanicals Review!

October 27, 2020

 Siapa disini penggemar skincare yang berbahan dasar ekstrak tumbuhan yang alami? Kalau kamu salah satunya, kamu wajib kenal sama brand ini: Marun Botanical! Yup, brand lokal ini memiliki beragam macam produk perawatan yang seluruhnya menggunakan bahan berbasis tumbuhan (plant-based), karena filosofinya adalah "let nature nourish you" seluruh produk perawatan di Marun Botanical ini tidak menggunakan bahan seperti mineral oil, paraben, SLS dan SLES, silicone, alcohol, fragrance dan synthetic colorant!

Marun Botanical

Pada kesempatan kali ini, aku dikirimkan dua produk skincare dari Marun Botanical yaitu: Natural Face Wash dan Natural Day Cream! Kedua produk ini pun aku sudah mencobanya selama kurang lebih dua minggu, and here's my impression!

Natural Face Wash

Aku secara personal memilih untuk mencoba produk face wash ini karena tertarik dengan kandungan yang ada di dalamnya. Ingredients-wise, face wash ini memiliki formula tanpa deterjen dan menggunakan surfaktan cocamidopropyl betaine yang sepengalamanku dengan surfaktan ini tidak membuat kulit kering setelah mencuci muka. I personally consider this as a gentle cleanser, which is the safest type of cleanser in my opinion.

Marun Botanical

Sesuai dengan klaimnya yang 100% vegetarian, face wash ini mengandung beberapa ekstrak dari tumbuhan seperti oatmeal, lavender, AHA fruit acids (AHA yang berasal dari turunan sugar cane dan citrus fruits), aloe vera extract dan apple extract. Karena mengandung beberapa ekstrak buah-buahan, wangi dari sabun muka ini cukup enak menurutku karena didominasi oleh wangi fruity yang segar.

Marun Botanical

Produk ini dikemas dengan botol plastik berukuran 65ml yang mana sangat travel friendly, tapi karena lagi pandemi jadi pakainya dirumah ajaa hahah. Selain itu, produk ini juga memiliki pump untuk tempat produknya keluar─tapi ketika ditekan, pump ini hanya mengeluarkan sedikit dari bagian produknya sehingga aku harus menekan 5-7 kali sampai aku merasa cukup untuk bisa digunakan.

Marun Botanical

Karena sabun muka ini diformulasikan tanpa deterjen, maka sesuai dengan perkiraanku, sabun ini nggak menghasilkan busa sama sekali. Ketika dibilas pun juga nggak menyebabkan adanya rasa ketarik, kering atau kesat. Sesuai dengan ekspetasiku ketika menggunakan sabun muka yang gentle. Aku selalu menggunakan sabun muka ini di pagi hari karena ketika kulitku masih lembab dari skincare malam sebelumnya, sabun muka ini nggak menyebabkan kelembaban dikulitku berkurang sehingga masih sangat nyaman dipakai di pagi hari.

Marun Botanical

Ingredients: Aqua, decyl glucoside, Cocamidopropyl betaine, glycerine, aloe vera extract, sodium lactate, sodium lauroyl methyl isethionate, sodium methyl oleoyl taurate, lauryl glucoside, coco glucoside, Cetearyl olivate, sorbitan olivate, apple extract, oatmeal colloidal, AHA fruit acids, Lavandula angustifolia, preservative eco, sodium benzoate.

Natural Day Cream

Produk kedua yang aku pilih yaitu Day Cream, Natural Day Cream ini tidak mengandung SPF dan walaupun biasanya aku cenderung lebih suka menggunakan day cream yang sudah ber-SPF, akhir-akhir ini aku suka melayer moisturizer yang light sebelum sunscreen dan ternyata kulitku menjadi lebih lembab dibandingkan tanpa menggunakan moisturizer.

Marun Botanical

Key ingredients dari Day Cream ini adalah chamomile extract, geranium oil, raspberry extract, vitamin E, hemp seed oil, moringa seed oil dan aloe vera extract. Teksturnya sendiri kalau dilihat memang kelihatan tebal tapi cream ini terasa ringan saat dibaurkan. Aku sendiri belum terlalu familiar dengan tekstur cream seperti ini jadinya aku belum bisa memberi benchmark produk yang teksturnya mirip dengan produk ini hehe. Untuk wanginya sendiri ini mirip sekali dengan Sensatia Botanical Wild Honey Mask, seperti wangi essential oils yang relaxing.


Sama seperti facial wash nya, produk Natural Day Cream ini dikemas dengan botol pump berbahan plastik. Aku suka sekali dengan pump nya karena sangat mudah untuk digunakan, memudahkan kita untuk mengambil produknya dengan cukup dan tentunya─lebih higienis. Aku biasanya menggunakan dua pump untuk seluruh muka karena satu pump masih terasa kurang ketika dibaurkan. Dengan berat bersih 20mL, aku berharap produk ini nggak cepat habis packagingnya tidak transparan sehingga aku nggak bisa melihat remaining product-nya.

Marun Botanical

Ketika diaplikasikan ke kulitku, aku merasa ada efek 'pengap' selama beberapa saat namun efek itu hilang dengan sendirinya setelah produknya meresap. Day cream ini masih sangat nyaman untuk dilayer dengan sunscreen dan tidak membuat kulit tampak greasy dan berat. Di kulitku, day cream ini terasa emollient karena memberi efek kulit yang terasa halus ketika dipegang dan menghasilkan velvety finish. In my opinion, this product can be a great option for day moisturizer!

Marun Botanical

Ingredients: Aqua, aloe vera extract, hemp seed oil, capric triglyceride, moringa seed oil, raspberry seed oil, Cetearyl olivate, sorbitan olivate, cetyl alcohol, glycerine, raspberry extract, chamomile extract, allantoin, provitamin B5, preservative eco, Pelargonium graveolens oil, Lavandula angustifolia oil, Cymbopogon martini oil, vitamin E, sodium benzoate, potassium sorbate. 

Ohiya, produk ini bisa kalian beli di Official Website Marun Botanical untuk Natural Face Wash nya seharga Rp75.000,- dan Natural Day Cream dengan Rp 135.000,-! Ohiya, tanggal 28 Oktober 2020 Marun Botanical bakal ngadain grand launching website nya dan akan ada diskon gede mulai dari 30% sampai 50% untuk semua produk! 

Semoga review ku ini bisa bantu temen-temen mutusin mau beli produk Marun yang manaa ya, hehe.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe